Lontong Opor Cap Go Meh

Cap Go Meh selalu identik dengan menu yang satu ini, yakni Lontong Opor Cap Go Meh. Menu yang satu ini memang tidak akan ditemukan di Negara China, karena memang sudah bentuk akulturasi budaya masyarakat Tionghoa di Indonesia dengan pendudukan Jawa.

Munculnya lontong opor ayam Cap Go Meh awalnya tak lepas dari opor ayam dari ketupat opor ayam yang menjadi makanan khas Muslim di Jawa saat merayakan lebaran. Lontong opor ayam Cap Go Meh adalah saudara muda ketupat opor ayam lebaran.

Lontong opor ayam Cap Go Meh awalnya merupakan akulturasi budaya masyarakat Tionghoa di pesisir utara Jawa, khususnya Semarang, dengan tradisi masyarakat Muslim. Dulu, kehidupan Tionghoa peranakan membaur dengan masyarakat lokal Semarang. Mereka hidup dalam perkampungan yang majemuk.

Masyarakat Tionghoa tahu betul tradisi keluarga muslim Jawa yang menyantap ketupat opor ayam yang dipadu dengan sambal goreng hati saat puncak perayaan lebaran yang dihelat sepekan setelah lebaran. Masyarakat Jawa menyebutnya perayaan Bodo Kupat (lebaran ketupat). Bodo Kupat, identik dengan makan ketupat opor ayam.

Tradisi ini ditiru oleh masyarakat Tionghoa. Untuk merayakan Imlek, masyarakat Tionghoa peranakan pulang dari tanah rantau, kumpul bersama keluarga merayakan Imlek. Imlek dirayakan sejak tanggal 1 hingga 15 bulan pertama Imlek. Biasanya, malam tanggal 15 keluarga mengadakan pesta makan sebagai puncak atau penutup perayaan Imlek, sebelum kembali merantau. Cap Go Meh berarti perayaan malam ke-15 di bulan pertama tahun Imlek.

Mengadopsi tradisi Bodo Ketupat, mereka membuat menu khas perayaan Cap Go Meh dengan membuat opor ayam. Hanya, opor ayam tak hanya dipadu dengan sambal goreing hati, namun juga dipadu dengan aneka masakan lain, yakni sambal goreng tahu, tahu, rebung, buncis, udang, srondeng, docang, abing, bubuk kedelai, lodeh, telur, dan kerupuk.

Adapun ketupat diganti dengan lontong, karena potongan lontong berbentuk bulat menyerupai purnama, sebagaimana Cap Go Meh dirayakan tiap malam purnama.

Tradisi itu terawat sampai sekarang. Lontong opor ayam Cap Go Meh adalah menu makanan Imlek khas Indonesia. Meski dalam penyajiannya, lontong opor ayam Cap Go Meh saat ini tak selengkap jaman dulu.

Jadi keturunan Tionghoa di Indonesia janganlah memaknai sepiring lontong opor ayam Cap Go Meh hanya sebagai pelengkap perayaan Cap go Meh, tapi harus tahu sejarahnya. Dengan demikian,akulturasi budaya sebagai perekat kebhinekaan terus terjaga. (*)

Sumber : Diambil dari berbagai sumber.

Leave a Reply